Gampong Lambhuk Persiapkan Diri Menjadi Gampong Layak Anak

Banda Aceh- Setelah berhasil menjadi Gampong Sehat Gemilang, kali ini Gampong Lambhuk Mempersiapkan diri menjadi Gampong Layak Anak (GLA), yang dilakukan pembinaan langsung oleh Dinas Pemberdayaan Perempuan Perlindungan Anak Keluarga Berencana (DP3AP2KB) Banda Aceh.

Seperti yang diketahui Dinas P3AP2KB Banda Aceh membina beberapa gampong yang ada disetiap kecamatan di kawasan Kota Banda Aceh. Gampong Lambhuk sendiri mewakili Kecamatan Ulee Kareng dalam pembentukan Gampong Ramah Anak.

Untuk tahap awal beberapa waktu yang lalu dilakukan sosialiasi di aula dinas P3AP2KB Banda Aceh, yang dihadiri oleh unsur-unsur Pemerintahan Gampong Lambhuk. Indikator/Klaster yang menjadi pertimbangan sebagai Gampong Layak Anak adalah Klaster bidang hak anak yang terdiri dari, Hak sipil dan kebebasan, Hak kesehatan dan kesejahteraan dasar, Lingkungan keluarga dan pegasuhan alternatif,Hak pendidikan, pemamfaatan waktu luang dan kegiatan budaya.Selain itu Klaster perlindungan anak serta Hak perlindungan khusus.

“Kami berharap dukungan dan keterlibatan seluruh elemen supaya gampong Lambhuk menjadi Gampong Layak Anak “Ungkap Muswadi Mustafa Sekretaris Gampong Lambhuk. Untuk selanjutnya perlu adanya realisasi terhadap klaster-klaster tersebut sehingga status Gampong Lambhuk sebagai Gampong Layak Anak bisa terwujud.

 

(Admin.PS)