Ketua TP PKK Kota Banda Aceh Launcing RGG/RGS Lambhuk

Banda Aceh,Infopublik – Ketua Tim Penggerak Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga (TP-PKK) Kota Banda Aceh Nurmiati Launching secara resmi Rumoh Gizi Gampong (RGG) dan Rumoh Gampong Sehat (RGS) di Gampong Lambhuk, berlangsung di Rumoh Kasap Aceh Kecamatan Ulee Kareng, Kamis (28/10/2021).

Peresmian ditandai dengan pemotongan pita oleh Ketua TP-PKK Banda Aceh Nurmiati dan turut didampingi oleh Ketua PKK Gampong Lambhuk Fatimah Hasan, Ketua PKK Kecamatan Ulee Kareng Rahayu Anita, serta disaksikan oleh Keuchik Gp. Lambhuk Rustam AB, Camat Ulee Kareng Akbar Mirza, Kepala Puskesmas Ulee Kareng, TP-PKK Kota Banda Aceh, perwakilan Dinkes dan DP3AP2KB Banda Aceh serta tamu undangan lainnya.

Dalam sambutanya Nurmiati mengatakan bahwa peresmian RGG ini diharapkan dapat meningkatkan kemandirian gampong dalam melakukan pencegahan dan penanganan stunting dari tingkat paling dasar.

“Seperti yang kita ketahui, rumoh gizi gampong ini merupakan salah satu program pemberdayaan masyarakat di tingkat gampong guna menekan kasus stunting pada anak di Kota Banda Aceh. Penanganan stunting  ini harus dimulai dari pemenuhan gizi sejak dari masa kehamilan,” katanya.

“Tentunya ini dibutuhkan peran penting dalam melakukan pencegahan stunting. Sehingga perlunya kolaborasi, koordinasi dan peran serta semua pihak, dari elemen terkecil hingga elemen tertinggi untuk mencegah stunting,” tambahnya.

Dengan itu ia berharap pembinaan dilaksanakan secara merata diseluruh gampong yang ada di Kecamatan Ulee Kareng. Agar RGG di seluruh gampong yang ada di kecamatan dapat terwujud. Hal ini disebabkan Pencegahan dan penanganan stunting, juga telah diamanatkan oleh Pemerintah Aceh melalui Peraturan Gubernur Aceh Nomor 14 Tahun 2019 tentang Pencegahan dan Penanganan Stunting Terintegrasi di Aceh.

“Oleh karenanya, hadirnya RGG di setiap gampong khususnya Gampong Lambhuk ini, diharapkan mampu memberikan dampak positif bagi masyarakat setempat, sehingga cita-cita Banda Aceh Gemilang untuk mewujudkan generasi yang unggul dengan sumber daya manusia yang berkualitas dapat terwujud,” pungkasnya.

Dalam kesempatan yang sama Keuchik Gampong Lambhuk, Rustam AB mendukung penuh kegiatan yang berlangsung dan mengucapkan terimakasih kepada semua pihak yang telah peduli dan membina Gampong Lambhuk sehingga hari ini dapat dilaunching Rumah Gizi Gampong.

“Alhamdulillah hari ini telah dapat dilaunching. Kami mendukung kegiatan Rumah Gizi Gampong dalam menyediakan gizi kepada ibu hamil dan anak, dalam upaya penurunan stunting di Gampong Lambhuk,” pungkasnya.(Hus/Hz)