Lambhuk Sembelih 73 Hewan Qurban

Banda Aceh – Ditengah pandemi virus corona ternyata hewan qurban di Gampong Lambhuk, Kecamatan Ulee Kareng Banda Aceh meningkat dari tahun 2019 lalu. Tahun ini, Lambhuk menyembelih 73 hewan qurban, masing-masing 27 ekor sapi dan 46 ekor kambing.

Menurut Keuchik Gampong Lambhuk, Rustam AB , hewan qurban di Lambhuk tahun ini meningkat 13 ekor. Tahun 2019 sebanyak 60 hewan qurban (22 sapi dan 38 kambing).

“Kami pikir karena ada covid-19 mungkin hewan qurban hanya ada belasan ekor saja. Tapi, alhamdulilah bisa mencapai 73 ekor. Animo warga untuk berqurban ternyata terus meningkat meski dalam kondisi wabah corona,”kata Keuchik Rustam senang.

Daging qurban tersebut akan dibagikan untuk semua KK di Lambhuk, hingga siang kemarin panitia gampong sudah menumpuk sekitar 2.021 kantong untuk dibagikan kepada 1.570 KK, pequrban, panitia dan yang berhak lainnya.

Pemotongan qurban dengan melibatkan pekerja seratusan warga gampong dipusatkan di lapangan sepakbola Lambhuk yang berdekatakan dengan Hermes Hotel.

Untuk menumpukan 2000-an daging, panitia menggelar lebih seperempat plastik di tengah lapangan bola. Pekerja tampak dengan gesit memotong dan memilih daging sapi dan kambing lalu membagi rata dalam tumpukan yang sudah diatur, baru kemudian di masukkan dalam kantor plastik sesuai dusun masing-masing dan dibagikan setelah shalat zhuhur.